.....sekedar info content blog ini BUKAN MURNI sepenuhnya hasil karya pemilik blog oleh sebab itulah setiap content dari blog ini "dicantumkan" dengan tulisan sumber atau asal kontent blog ini berasal, terimaksih sebelumnya....




.....Informasi Reader Saat ini tampilan Terbaik content blog dapat dinikmati dengan
Opera Browser
Dan IE Browser 7 ke atas



Friday, April 17, 2009

Treadmill Luar Angkasa Diberi Nama Pelawak

Rabu, 15 April 2009 | 21:23 WIB KOMPAS.com —

pelawa.jpg

 

WASHINGTON, Badan antariksa AS (NASA) memberi nama treadmill untuk astronot yang akan dikirim ke stasiun antariksa internasional dengan nama COLBERT. Nama tersebut diambil dari Stephen Colbert, seorang pelawak kenamaan di negeri Paman Sam.

 

Nama Colbert menduduki peringkat teratas dari hasil pooling dan dipilih lebih dari 230.000 kali. COLBERT kini juga kependekan dari Combined Operational Load Bearing External Resistance Treadmill.

 

Selain itu, NASA juga memberi nama modul baru yang akan dikirim ke ISS dengan nama Tranquility sesuai hasil pooling yang sama secara online. Nama tersebut mengingatkan pada misi pendaratan manusia ke Bulan untuk pertama kalinya. Base Tranquility merupakan nama lokasi pendaratan Apollo 11 yang membawa Neil Armstrong dkk.

 

Tranquility akan diluncurkan pada Februari 2010 menggunakan pesawat ulang alik Endeavour. Modul tersebut akan dipakai untuk mendukung sistem kehidupan astronot di stasiun antariksa, seperti memproduksi oksigen dan mendaur ulang urine menjadi air siap minum.

 

Treadmill COLBERT nantinya juga akan ditempatkan di dalam ruangan tersebut meski akan dikirimkan lebih dulu Agustus mendatang.

 

Saat pemberian nama tersebut diumumkan dalam acara "Colbert Report", sang pelawak sempat kecewa. Pasalnya, astronot Sunita Williams mengumumkan lebih dulu Tranquility sebagai nama modul baru yang sebelumnya disebut Node 3.

 

"Tunggu sebentar. Saya diberi tahu bahwa nama saya akan dipakai di luar angkasa. Apakah Anda bilang NASA mengingkari janjinya," kata Colbert. Protes pun terlihat di antara penonton yang menantikan pengumuman tersebut.

 

Suasana cair kembali saat Williams memastikan bahwa nama Colbert dipakai untuk treadmill yang akan dipasang di dalam modul. Pelawak itu pun makin gembira.

 

"Saya kira treadmill lebih baik daripada node. Kamu tahu kenapa? Karena node hanyalah kotak untuk treadmill. Tidak ada orang yang bilang, 'Ma, belikan aku kotak Nike,' bukan. Mereka pasti menginginkan sepatu di dalamnya," canda Colbert.

 

WAH

Sumber : SPACE.COM

 

No comments:

Post a Comment